1. Temple of Heaven

Temple of Heaven atau Kuil Langit adalah sebuah kuil yang dibangun pada tahun 1420 yang berfungsi sebagai tempat pemujaan kepada pada dewa-dewa. Para raja yang hidup pada Dinasti Ming dan Qing selalu melakukan pemujaan di kuil yang berada di Beijing ini.

Walaupun sudah berumur ratusan tahun, akan tetapi arsitektur di luar dan dalamnya tetap terjaga keawetannya. Bahkan, kuil ini juga ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.
2. Forbidden City

Jika Anda pernah menonton film-film bertemakan kerajaan zaman dinasti kuno di Cina, ada satu tempat yang mirip kerajaan ikut serta sebagai latar belakang tempat pembuatan filmnya. Forbidden City atau Kota Terlarang ini adalah tempat tinggal para permaisuri, selir, anak-anak raja sampai dengan para kasim.

Dikatakan terlarang karena konon hanya kasim dan anak raja berjenis kelamin laki-laki saja yang diperbolehkan untuk memasuki istana yang berumur kurang lebih 500 tahun tersebut, sedangkan pria selain dari keturunan raja sangat dilarang untuk memasukinya. Forbidden City juga termasuk masuk sebagai situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO.

Dikatakan terlarang karena konon hanya kasim dan anak raja berjenis kelamin laki-laki saja yang diperbolehkan untuk memasuki istana yang berumur kurang lebih 500 tahun tersebut, sedangkan pria selain dari keturunan raja sangat dilarang untuk memasukinya. Forbidden City juga termasuk masuk sebagai situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO.
3. Tian An Men

Tempat satu ini merupakan persemayaman terakhir presiden pertama Republik Rakyat Cina, Mao Zedong. Dari kejauhan, Anda dapat melihat foto Mao terpampang jelas di atas pintu masuk Mao Zedong Memorial Hall.

Sayangnya, tidak ada seorang pun yang diperbolehkan masuk ke kawasan tersebut dan ada pagar yang dijaga oleh seorang petugas di depan bangunan. Uniknya, penjaga yang menjaga pintu masuknya hanya satu orang dan dia hanya berdiri tanpa bergerak sedikit pun kecuali ketika pergantian shift saja.
4. Bird Nest

Cina pernah menjadi tuan rumah Olimpiade beberapa tahun lalu. Agar tidak malu kepada negara-negara lain karena tidak memiliki pusat olahraga bagus di negaranya, pemerintah Cina waktu itu dengan cepat membangun sebuah stadion yang memiliki desain sangat unik, yang dinamakan Bird Nest.

Memang, beberapa waktu pada saat pembuatannya, Bird Nest sempat memunculkan polemik di kalangan intern pemerintahan karena suatu hal, namun hal itu segera berlalu dengan cepat. Kini, stadion yang berada di Beijing ini menjadi salah satu icon Cina yang terkenal di dunia.
5. Great Wall

Dikenal dengan nama Cinanya, Juyongguan, bangunan berupa tembok besar yang didirikan seperti membelah pegunungan ini pada zaman dahulu merupakan tembok pertahanan untuk meredam serangan dari Bangsa Mongol. Dikarenakan pembuatannya sangat lama dan penuh risiko, banyak pekerja yang meninggal dunia yang kemudian jasadnya dikuburkan di bawah tumpukan pondasi Tembok Besar Cina ini.
Dalam pembuatannya, tembok besar ini membutuhkan waktu selama 9 tahun dengan jumlah korban yang sangat banyak dan mayoritas dari kalangan petani atau rakyat jelata. Dikarenakan hal itu, masyarakat kelas bawah sampai menengah melakukan pemberontakan dan berusaha menggulingkan dinasti yang berkuasa. Dan akhirnya, tembok ini hanya memiliki jarak sekitar 8.850 km dan terpaksa dihentikan oleh penguasa dinasti pada zaman itu.
6. Tiger Hill

Jika dilihat, maka bangunan menjulang tinggi di Beijing bernama Tiger Hill ini mirip dengan Menara Pisa yang ada di Italia, karena bentuknya miring beberapa derajat. Namun, dibandingkan dengan Menara Pisa, Tiger Hill memiliki ukuran lebih besar.
Di dalam Tiger Hill ini ada kuburan Raja Helu yang konon dikuburkan bersama dengan 3.000 pedang dan sekitar 1.000 orang yang membangunnya dibunuh agar tidak mengetahui posisi pasti di mana letak kuburannya. Oleh karenanya, sampai sekarang letak kuburan Raja Helu belum diketemukan.
7. Summer Palace

Dibangun pada zaman kekaisaran Wanyang, Summer Palace awalnya hanyalah sebuah perbukitan saja. Ketika Kaisar Qianlong berkuasa, di dekat Summer Palace dibuatkan sebuah danau yang mirip West lake di hang Zhao.
Danau tersebut sangat luas dan tenang. Berpadu dengan arsitektur istana yang kental akan nuansa oriental serta pemandangan alam yang memang indah, maka Anda serasa sedang hidup di zaman kekaisaran.

8. Yu Garden

Yu Garden awalnya merupakan sebuah taman yang dimiliki oleh seorang kaya di zaman dahulu. Di dalamnya terdapat berbagai macam tanaman, mulai dari bonsai berbagai jenis sampai dengan dekorasi menarik. Sayangnya, karena Cina dihantam krisis, dia bersama dengan keluarganya meninggalkan tempat tersebut dan pindah ke luar negeri.
Karena memang keindahannya dan sayang jika dibiarkan tak terurus, pemerintah Cina mengambil alih Yu Garden dan menjadikannya salah satu obyek wisata di Beijing. Selain taman, Anda juga dapat melihat-lihat bagian dalam rumah orang kaya tersebut sampai dengan perabotan khas juragan zaman dahulu.
Selain beberapa tempat di atas, masih banyak spot-spot lain yang dapat Anda kunjungi ketika bertandang ke Beijing. Disarankan untuk datang ke tempat-tempat ini ketika musim semi atau panas, karena keindahannya akan dapat dirasakan maksimal.