Pada tahun ini, mungkin ada diantara kalian yang ingin melakukan travelling atau liburan ke luar negeri. Sekedar ingin mencicipi budaya baru atau memupuk pengalaman hidup. Jika kamu memiliki rencana untuk travelling, “keep going on that plan!”. Karena, kebanyakan orang beranggapan bahwa liburan ke luar negeri itu mahal dan mereka terlalu sibuk memikirkannya. Bagi kalian yang sudah merencanakan travelling, beberapa cara berikut bisa diterapkan untuk berhemat saat liburan ke luar negeri. Apa saja dan bagaimana? Berikut penjelasannya.

1. Gunakan fasilitas Sharing Economy

Sharing economy adalah konsep berbagi saat travelling. Contoh bisnis ini, kamu bisa tinggal di sebuah apartemen kosong yang dimiliki warga di lokasi liburan atau menumpang kendaraan saat menuju tempat tertentu. Konsep sharing ecnomy ini tak hanya bisa diterapkan pada kebutuhan akomodasi saat travelling, tapi juga meliputi transportasi, makan, pemandu wisata dan sebagainya.

Selain membantu kita lebih hemat, konsep sharing economy yang mulai populer dalam beberapa tahun belakangan ini dapat memberi pengalaman travelling yang berkesan, Berikut ini beberapa website yang menyediakan informasi website sharing economy untuk para traveller :

  • Airbnb
  • EatWith
  • Vayable

2. Menginap Gratis Sekaligus Kerja

Pernah mendengar World Wide Opportunities on Organic Farms (WWOOF). Yaitu sebuah komunitas yang memberi kesempatan bagi traveller untuk menginap gratis di lokasi perkebunan. Sebagai gantinya, kamu harus bekerja pada pemilik perkebunan atau peternakan tersebut. Tidak bisa berkebun atau beternak? tenang saja, kita juga bisa turut berpartisipasi dalam komunitas dengan menjadi tukang bersih-bersih.

Komunitas WWOOF ini terdapat di Australia, Selandia Baru, Eropa bahkan Amerika Selatan. Dengan bekerja di wilayah perkebunan atau peternakan, tak berarti kamu akan terisolasi. Justru nantinya akan punya kesempatan terhubung dengan pekerja lokal, bertemu orang-orang baru dan merasakan pengalaman hidup di wilayah baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. ‘Kemewahan’ yang tentunya tak bisa kamu nikmati jika tinggal di hotel berbintang. Beberapa situs yang bisa kamu jadikan referensi diantaranya adalah :

  • Couchsurfing
  • Servas
  • Be Welcome

3. Terbang dengan Maskapai Bertarif Rendah

Semua orang tahu harga bahan bakar minyak dunia terus meningkat tiap tahun. Apakah ini berarti harga tarif angkutan udara juga meningkat? Sebenarnya iya, tapi tunggu dulu. Banyak maskapai penerbangan yang menawarkan penerbangan murah untuk para traveler. Di Indonesia, kita mungkin mengenal AirAsia dan Lion Air. Di luar negeri, seperti di Eropa ada maskapai tarif rendah terkenal seperti Norwegian Air. Semuanya terserah kamu mau pilih yang mana, yang penting maskapai itu melayani rute perjalanan yang dituju.

4. Kunjungi Negara ‘Murah’

Salah satu cara berhemat jalan-jalan ke luar negeri adalah dengan datang ke negara dengan tingkat nilai tukar yang murah. Misalnya, tinggal di hotel bintang empat di kota Paris biayanya jauh lebih mahal dibandingkan kamu pergi ke kota Lisbon di Portugal. Kenapa? Karena nilai mata uang Prancis nilainya jauh lebih tinggi dari Portugal. Beberapa negara tetangga, seperti Malaysia, Vietnam, dan Thailand juga memiliki kurs mata uang yang tidak terlalu tinggi. Sehingga pengeluaran tidak akan terlalu banyak selama berada di sana.

5. Gunakan Jalur Darat

Jalur darat adalah cara terbaik bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman travelling yang tak terlupakan dan lebih hemat. Seperti di Indonesia, jalan-jalan menggunakan bus atau kereta di Pulau Jawa atau Sumatera tentu akan memberi sensasi yang berbeda dibandingkan menggunakan pesawat. Kamu juga bisa mencobanya saat travelling berkeliling semenanjung Asia Tenggara, dari Malaysia menuju Thailand, Vietnam, melewati Kamboja lalu Laos.